Spesifikasi Laptop Toshiba: Panduan Lengkap Untuk Memilih yang Terbaik


Spesifikasi Laptop Toshiba: Panduan Lengkap Untuk Memilih yang Terbaik

Spesifikasi laptop Toshiba adalah rincian lengkap tentang fitur dan kemampuan sebuah laptop Toshiba. Spesifikasi ini mencakup informasi seperti ukuran layar, jenis prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, jenis kartu grafis, dan sistem operasi yang digunakan.

Spesifikasi laptop Toshiba sangat penting karena dapat membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang tepat. Dengan mengetahui spesifikasi sebuah laptop, konsumen dapat memastikan bahwa laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Selain itu, spesifikasi laptop Toshiba juga dapat menjadi acuan bagi pengguna untuk mengetahui kemampuan dan keterbatasan laptop mereka.

Toshiba adalah salah satu produsen laptop terkemuka di dunia. Perusahaan ini telah memproduksi laptop selama lebih dari 30 tahun, dan selama itu telah merilis berbagai macam model laptop dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Laptop Toshiba dikenal dengan kualitasnya yang tinggi, desainnya yang inovatif, dan fitur-fiturnya yang canggih.

Spesifikasi Laptop Toshiba

Spesifikasi laptop Toshiba adalah hal yang penting untuk diperhatikan ketika ingin membeli sebuah laptop baru. Spesifikasi ini akan memberikan informasi detail mengenai berbagai aspek penting dari sebuah laptop, seperti ukuran layar, jenis prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, jenis kartu grafis, dan sistem operasi yang digunakan.

  • Ukuran Layar
  • Jenis Prosesor
  • Kapasitas RAM
  • Kapasitas Penyimpanan
  • Jenis Kartu Grafis
  • Sistem Operasi
  • Fitur Tambahan
  • Harga

Dengan memperhatikan spesifikasi laptop Toshiba secara detail, Anda dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Misalnya, jika Anda membutuhkan laptop untuk bekerja atau belajar, Anda dapat memilih laptop dengan prosesor yang lebih cepat dan kapasitas RAM yang lebih besar. Jika Anda membutuhkan laptop untuk bermain game, Anda dapat memilih laptop dengan kartu grafis yang lebih baik. Sedangkan jika Anda membutuhkan laptop untuk kebutuhan sehari-hari, seperti browsing internet dan mengetik dokumen, Anda dapat memilih laptop dengan spesifikasi yang lebih sederhana dan harga yang lebih terjangkau.

Ukuran Layar

Ukuran layar merupakan salah satu spesifikasi laptop Toshiba yang penting untuk diperhatikan. Ukuran layar menentukan besarnya area tampilan pada laptop, yang dapat berpengaruh pada kenyamanan dan pengalaman pengguna saat menggunakan laptop.

  • Produktivitas

    Ukuran layar yang lebih besar dapat meningkatkan produktivitas, terutama untuk tugas-tugas yang membutuhkan banyak ruang kerja, seperti pengeditan video, desain grafis, atau multitasking dengan banyak aplikasi yang terbuka. Layar yang lebih besar juga dapat memudahkan membaca dokumen, menjelajah web, dan menikmati konten multimedia.

  • Portabilitas

    Di sisi lain, ukuran layar yang lebih kecil membuat laptop lebih portabel dan mudah dibawa-bawa. Laptop dengan layar yang lebih kecil biasanya juga lebih ringan dan lebih ringkas, sehingga lebih nyaman untuk digunakan saat bepergian atau bekerja di ruang yang sempit.

  • Resolusi Layar

    Selain ukuran, resolusi layar juga perlu diperhatikan. Resolusi layar menentukan ketajaman dan detail gambar yang ditampilkan pada layar. Resolusi layar yang lebih tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih detail, tetapi juga dapat berdampak pada kinerja laptop dan daya tahan baterai.

  • Jenis Panel Layar

    Jenis panel layar juga mempengaruhi kualitas tampilan pada laptop Toshiba. Ada beberapa jenis panel layar yang umum digunakan, seperti TN, IPS, dan OLED. Setiap jenis panel layar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti tingkat kecerahan, kontras, dan sudut pandang.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, pengguna dapat memilih ukuran layar laptop Toshiba yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Bagi pengguna yang membutuhkan laptop untuk produktivitas dan penggunaan sehari-hari, ukuran layar yang lebih besar dapat menjadi pilihan yang tepat. Sementara bagi pengguna yang membutuhkan laptop yang portabel dan mudah dibawa-bawa, ukuran layar yang lebih kecil mungkin lebih sesuai.

Jenis Prosesor

Jenis prosesor merupakan komponen penting dalam spesifikasi laptop Toshiba. Prosesor berfungsi sebagai otak dari laptop, yang bertanggung jawab untuk memproses dan menjalankan instruksi dari pengguna dan aplikasi. Kualitas prosesor akan sangat mempengaruhi performa keseluruhan laptop.

Pada laptop Toshiba, terdapat berbagai jenis prosesor yang digunakan, antara lain Intel Core i3, i5, i7, dan i9. Prosesor Intel Core i3 merupakan prosesor entry-level yang cocok untuk penggunaan dasar, seperti browsing internet, mengetik dokumen, dan menjalankan aplikasi ringan. Prosesor Intel Core i5 dan i7 memiliki performa yang lebih baik, sehingga cocok untuk tugas-tugas yang lebih berat, seperti pengeditan foto dan video, desain grafis, dan bermain game. Sedangkan prosesor Intel Core i9 merupakan prosesor kelas atas yang menawarkan performa terbaik untuk tugas-tugas yang sangat berat, seperti rendering video 4K dan menjalankan aplikasi profesional.

BACA JUGA :  Laptop dengan keamanan tinggi untuk kuliah

Selain merek dan seri prosesor, spesifikasi prosesor juga perlu diperhatikan. Spesifikasi prosesor meliputi jumlah core, kecepatan clock, dan cache. Jumlah core menentukan berapa banyak tugas yang dapat diproses secara bersamaan, sementara kecepatan clock menentukan seberapa cepat prosesor dapat memproses instruksi. Cache berfungsi sebagai memori sementara yang menyimpan data yang sering digunakan, sehingga dapat mempercepat akses data dan meningkatkan performa laptop.

Dengan memahami jenis prosesor dan spesifikasinya, pengguna dapat memilih laptop Toshiba yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Untuk penggunaan dasar, prosesor Intel Core i3 atau i5 sudah cukup memadai. Namun, untuk tugas-tugas yang lebih berat, disarankan untuk memilih laptop dengan prosesor Intel Core i7 atau i9.

Kapasitas RAM

Kapasitas RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu spesifikasi penting pada laptop Toshiba yang perlu diperhatikan saat membeli laptop baru. RAM berfungsi sebagai memori sementara yang menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses oleh prosesor. Kapasitas RAM yang lebih besar memungkinkan laptop menjalankan lebih banyak aplikasi dan tugas secara bersamaan dengan lancar.

  • Kinerja Multitasking

    Kapasitas RAM yang besar memungkinkan laptop untuk menjalankan lebih banyak aplikasi dan tugas secara bersamaan tanpa mengalami perlambatan. Hal ini sangat penting bagi pengguna yang sering membuka banyak tab di browser, menjalankan aplikasi berat, atau melakukan multitasking.

  • Kecepatan Memuat

    Kapasitas RAM yang lebih besar juga dapat mempercepat waktu loading aplikasi dan file. Ketika sebuah aplikasi dibuka, data dan instruksi yang dibutuhkan akan dimuat ke dalam RAM. Dengan kapasitas RAM yang lebih besar, lebih banyak data dapat dimuat ke dalam RAM, sehingga aplikasi dapat dibuka lebih cepat.

  • Pengeditan Media

    Untuk pengguna yang sering melakukan pengeditan foto, video, atau audio, kapasitas RAM yang besar sangat penting. Aplikasi pengeditan media biasanya membutuhkan banyak memori untuk menyimpan data gambar, video, atau audio yang sedang diedit. Kapasitas RAM yang lebih besar akan memastikan bahwa aplikasi pengeditan media berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kekurangan memori.

  • Gaming

    Bagi para gamer, kapasitas RAM yang besar sangat penting untuk pengalaman bermain game yang lancar. Game modern biasanya membutuhkan banyak memori untuk memuat tekstur, model, dan data lainnya. Kapasitas RAM yang lebih besar akan memastikan bahwa game dapat berjalan dengan lancar tanpa mengalami lag atau penurunan frame rate.

Dengan memahami pentingnya kapasitas RAM dan kaitannya dengan spesifikasi laptop Toshiba, pengguna dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Bagi pengguna yang sering melakukan multitasking, mengedit media, atau bermain game, disarankan untuk memilih laptop dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan merupakan salah satu spesifikasi penting pada laptop Toshiba yang perlu diperhatikan saat membeli laptop baru. Kapasitas penyimpanan menentukan jumlah data dan file yang dapat disimpan pada laptop, seperti dokumen, foto, video, musik, dan aplikasi.

  • Jenis Penyimpanan

    Jenis penyimpanan yang digunakan pada laptop Toshiba dapat berupa HDD (Hard Disk Drive) atau SSD (Solid State Drive). HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan harga yang lebih terjangkau, tetapi kecepatan akses data lebih lambat dibandingkan SSD. SSD memiliki kecepatan akses data yang lebih cepat dan lebih tahan lama dibandingkan HDD, tetapi harganya lebih mahal.

  • Ukuran Kapasitas

    Ukuran kapasitas penyimpanan pada laptop Toshiba bervariasi, mulai dari ratusan gigabyte (GB) hingga beberapa terabyte (TB). Kapasitas penyimpanan yang lebih besar memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak data dan file pada laptop mereka.

  • Penggunaan Ruang Penyimpanan

    Kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan tergantung pada penggunaan laptop. Bagi pengguna yang hanya menggunakan laptop untuk tugas-tugas dasar, seperti mengetik dokumen, menjelajah internet, dan menjalankan aplikasi ringan, kapasitas penyimpanan yang lebih kecil sudah cukup memadai. Namun, bagi pengguna yang sering menyimpan file berukuran besar, seperti foto, video, dan game, disarankan untuk memilih laptop dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

  • Ekspansi Penyimpanan

    Beberapa laptop Toshiba memiliki slot untuk menambah kapasitas penyimpanan melalui penggunaan kartu memori atau hard disk eksternal. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menambah kapasitas penyimpanan laptop mereka dengan mudah sesuai kebutuhan mereka.

Dengan memahami pentingnya kapasitas penyimpanan dan kaitannya dengan spesifikasi laptop Toshiba, pengguna dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Bagi pengguna yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar untuk menyimpan banyak data dan file, disarankan untuk memilih laptop dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar atau memiliki slot untuk ekspansi penyimpanan.

Jenis Kartu Grafis

Jenis kartu grafis merupakan salah satu komponen penting dalam spesifikasi laptop Toshiba yang perlu diperhatikan, terutama bagi pengguna yang membutuhkan performa grafis yang baik untuk berbagai kebutuhan, seperti bermain game, mengedit video, atau menjalankan aplikasi desain grafis.

BACA JUGA :  Laptop layar lebar untuk kuliah

Kartu grafis berfungsi untuk memproses dan menampilkan gambar pada layar laptop. Jenis kartu grafis yang digunakan pada laptop Toshiba bervariasi, mulai dari kartu grafis terintegrasi yang biasanya ditemukan pada laptop dengan harga terjangkau, hingga kartu grafis diskrit yang menawarkan performa grafis yang jauh lebih baik.

Kartu grafis terintegrasi biasanya menggunakan memori sistem (RAM) untuk memproses gambar, sehingga performanya akan bergantung pada kapasitas dan kecepatan RAM yang tersedia. Sementara itu, kartu grafis diskrit memiliki memori sendiri yang didedikasikan untuk memproses gambar, sehingga dapat memberikan performa grafis yang lebih baik dan stabil.

Bagi pengguna yang membutuhkan performa grafis yang tinggi untuk bermain game atau menjalankan aplikasi desain grafis, disarankan untuk memilih laptop Toshiba dengan kartu grafis diskrit. Jenis kartu grafis diskrit yang digunakan pada laptop Toshiba biasanya berasal dari produsen ternama seperti NVIDIA atau AMD.

Dengan memahami jenis kartu grafis dan kaitannya dengan spesifikasi laptop Toshiba, pengguna dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Bagi pengguna yang membutuhkan performa grafis yang baik, disarankan untuk memilih laptop Toshiba dengan kartu grafis diskrit.

Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjadi dasar dari sebuah laptop. Sistem operasi Toshiba mengatur dan mengontrol semua perangkat keras dan perangkat lunak pada laptop, termasuk prosesor, memori, penyimpanan, dan kartu grafis. Sistem operasi juga menyediakan antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan laptop mereka.

Sistem operasi yang digunakan pada laptop Toshiba biasanya adalah Microsoft Windows atau Apple macOS. Kedua sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Windows memiliki pangsa pasar yang lebih besar dan kompatibilitas yang lebih luas dengan aplikasi dan perangkat keras. Sementara macOS dikenal dengan stabilitas, keamanan, dan kemudahan penggunaannya.

Pemilihan sistem operasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna. Bagi pengguna yang membutuhkan kompatibilitas yang luas dan banyak pilihan aplikasi, Windows mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Sementara bagi pengguna yang mementingkan stabilitas, keamanan, dan kemudahan penggunaan, macOS mungkin lebih cocok.

Dengan memahami hubungan antara sistem operasi dan spesifikasi laptop Toshiba, pengguna dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Sistem operasi merupakan komponen penting dari sebuah laptop yang berperan penting dalam menentukan kinerja dan pengalaman penggunaan secara keseluruhan.

Fitur Tambahan

Selain spesifikasi utama seperti ukuran layar, prosesor, dan kapasitas penyimpanan, fitur tambahan juga memegang peranan penting dalam menentukan pengalaman pengguna secara keseluruhan pada laptop Toshiba. Fitur tambahan ini dapat meliputi berbagai aspek, mulai dari konektivitas hingga fitur keamanan.

  • Konektivitas

    Fitur konektivitas yang lengkap memungkinkan pengguna untuk terhubung ke berbagai perangkat dan jaringan dengan mudah. Laptop Toshiba biasanya dilengkapi dengan port USB, HDMI, dan jack audio, serta fitur nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Beberapa model juga dilengkapi dengan port Thunderbolt atau DisplayPort untuk konektivitas yang lebih cepat.

  • Fitur Keamanan

    Fitur keamanan yang canggih sangat penting untuk melindungi data dan privasi pengguna. Laptop Toshiba biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan bawaan seperti pembaca sidik jari, TPM (Trusted Platform Module), dan fitur enkripsi data. Beberapa model juga dilengkapi dengan kamera IR (Inframerah) untuk pengenalan wajah yang lebih aman.

  • Fitur Multimedia

    Bagi pengguna yang sering menikmati konten multimedia, fitur multimedia yang baik sangat penting. Laptop Toshiba biasanya dilengkapi dengan layar yang jernih dan tajam, serta sistem audio yang berkualitas. Beberapa model juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti Dolby Atmos untuk pengalaman suara yang lebih imersif.

  • Fitur Khusus

    Selain fitur umum yang disebutkan di atas, beberapa laptop Toshiba juga dilengkapi dengan fitur khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna. Misalnya, beberapa model dilengkapi dengan stylus pen untuk input yang lebih presisi, sementara model lainnya dilengkapi dengan keyboard yang dapat dilepas untuk penggunaan yang lebih fleksibel.

Dengan mempertimbangkan fitur tambahan yang tersedia pada laptop Toshiba, pengguna dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Fitur tambahan ini dapat meningkatkan produktivitas, keamanan, dan pengalaman hiburan secara keseluruhan pada laptop Toshiba.

Harga

Harga merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika membeli laptop Toshiba. Harga laptop Toshiba sangat bervariasi, tergantung pada spesifikasinya. Semakin tinggi spesifikasi laptop, biasanya semakin tinggi harganya.

Spesifikasi laptop Toshiba yang mempengaruhi harga antara lain ukuran layar, jenis prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, jenis kartu grafis, dan fitur tambahan. Misalnya, laptop Toshiba dengan layar yang lebih besar, prosesor yang lebih cepat, RAM yang lebih besar, penyimpanan yang lebih besar, kartu grafis yang lebih baik, dan fitur tambahan yang lebih banyak, biasanya akan lebih mahal dibandingkan laptop Toshiba dengan spesifikasi yang lebih rendah.

BACA JUGA :  Rahasia Reset Laptop HP Terungkap: Panduan Lengkap untuk Pemula!

Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk memahami kebutuhan dan anggaran mereka sebelum membeli laptop Toshiba. Dengan mempertimbangkan spesifikasi dan harga laptop Toshiba secara cermat, konsumen dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

FAQ Spesifikasi Laptop Toshiba

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai spesifikasi laptop Toshiba:

Pertanyaan 1: Apa saja spesifikasi utama yang perlu diperhatikan saat membeli laptop Toshiba?

Jawaban: Spesifikasi utama yang perlu diperhatikan saat membeli laptop Toshiba antara lain ukuran layar, jenis prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, jenis kartu grafis, dan sistem operasi.

Pertanyaan 2: Apa perbedaan antara kartu grafis terintegrasi dan kartu grafis diskrit?

Jawaban: Kartu grafis terintegrasi menggunakan memori sistem (RAM) untuk memproses gambar, sedangkan kartu grafis diskrit memiliki memori sendiri. Kartu grafis diskrit menawarkan performa grafis yang lebih baik dibandingkan kartu grafis terintegrasi.

Pertanyaan 3: Berapa kapasitas RAM yang direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari?

Jawaban: Untuk penggunaan sehari-hari, seperti mengetik dokumen, menjelajah internet, dan menjalankan aplikasi ringan, kapasitas RAM sebesar 4GB sudah cukup memadai.

Pertanyaan 4: Apa saja fitur tambahan yang tersedia pada laptop Toshiba?

Jawaban: Fitur tambahan pada laptop Toshiba antara lain port USB, HDMI, jack audio, Wi-Fi, Bluetooth, pembaca sidik jari, dan kamera IR.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara memilih laptop Toshiba yang sesuai dengan kebutuhan?

Jawaban: Untuk memilih laptop Toshiba yang sesuai dengan kebutuhan, pertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran layar, jenis prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, jenis kartu grafis, fitur tambahan, dan harga.

Pertanyaan 6: Apa yang harus dilakukan jika mengalami masalah dengan spesifikasi laptop Toshiba?

Jawaban: Jika mengalami masalah dengan spesifikasi laptop Toshiba, disarankan untuk menghubungi pusat layanan resmi Toshiba atau membaca manual pengguna untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dengan memahami spesifikasi laptop Toshiba secara baik, pengguna dapat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat memaksimalkan penggunaan laptop tersebut untuk berbagai keperluan.

Artikel Terkait:

  • Memilih Laptop Toshiba Sesuai Kebutuhan
  • Panduan Spesifikasi Laptop Toshiba
  • Tips Merawat Laptop Toshiba

Tips Memilih Spesifikasi Laptop Toshiba

Memilih spesifikasi laptop Toshiba yang tepat sangat penting untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang optimal. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

Tip 1: Tentukan Kebutuhan Anda

Pertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan laptop Anda. Apakah Anda membutuhkannya untuk tugas-tugas dasar seperti mengetik dokumen dan menjelajah internet, atau untuk tugas-tugas yang lebih berat seperti pengeditan video dan bermain game? Mengetahui kebutuhan Anda akan membantu Anda menentukan spesifikasi yang tepat.

Tip 2: Perhatikan Ukuran Layar

Ukuran layar yang lebih besar akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik, tetapi juga akan membuat laptop lebih berat dan lebih mahal. Pilih ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Tip 3: Pilih Jenis Prosesor yang Tepat

Prosesore adalah otak dari laptop. Prosesor yang lebih cepat akan memberikan performa yang lebih baik, tetapi juga akan mengonsumsi lebih banyak daya. Pilih jenis prosesor yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tip 4: Pertimbangkan Kapasitas RAM

RAM (Random Access Memory) menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses oleh laptop. Kapasitas RAM yang lebih besar akan memungkinkan Anda menjalankan lebih banyak program secara bersamaan tanpa mengalami perlambatan.

Tip 5: Pilih Jenis Penyimpanan yang Tepat

Ada dua jenis penyimpanan utama pada laptop, HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive). SSD lebih cepat dan lebih tahan lama dibandingkan HDD, tetapi juga lebih mahal. Pilih jenis penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tip 6: Perhatikan Jenis Kartu Grafis

Kartu grafis bertanggung jawab untuk memproses gambar. Jika Anda berencana untuk menggunakan laptop Anda untuk bermain game atau menjalankan aplikasi desain grafis, pilihlah laptop dengan kartu grafis yang bagus.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memilih spesifikasi laptop Toshiba yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memberikan pengalaman penggunaan yang optimal.

Kesimpulan Spesifikasi Laptop Toshiba

Spesifikasi laptop Toshiba merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop. Dengan memahami spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, pengguna dapat memilih laptop yang optimal untuk berbagai keperluan.

Artikel ini telah membahas secara komprehensif mengenai spesifikasi laptop Toshiba, meliputi ukuran layar, jenis prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, jenis kartu grafis, sistem operasi, fitur tambahan, dan harga. Pembahasan ini bertujuan untuk membantu pengguna dalam memilih laptop Toshiba yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Youtube Video:

sddefault



Related Articles

Back to top button
WA Admin ;