Upgrade Laptop Agar Lebih Kencang dan Powerfull

Tokodivren.com – Menambah memory atau kapasitas harddisk maupun mengganti processor bisa menjadikan laptop jadul mu jadi lebih kencang dan powerfull untuk menjalankan aplikasi terbaru yang notabenenya membutuhkan resource hardware yang lebih besar kegitan ini biasa di kenal dengan istilah upgrade laptop

Upgrade laptop bisa dilakukan namun tidak se-flexibel pada PC, upgrade laptop bisa dilakukan tpi terbatas pada beberapa komponen saja yang bisa di upgrade

Apakah Upgrade laptop Menyebabkan Garansi batal??

Menjadi hal yang cukup beresiko ketika laptop yang aka di upgrade masih dalam masa garansi karena uipgrade laptop akan merusak segel (bukti garansi)

Cara upgrade laptop yang aman dalam masa garansi adalah melakukan nya ditoko tempat membeli nya, atau di servis centre nya

Tapi kalau laptop sudah lepas masa garansi kamu bisa meng ungrade laptop dimana saja, tetapi tetap mengutamakan kualitas dari pada harga, jangan sampai niat nya mau upgrade malah laptop nya jadi rusak

BACA JUGA :  Service Laptop Murah Bergaransi

Salah satu tempat upgrade laptop yang rekomended adalah disini 

Apa saja komponen laptop yang bisa di Upgrade

Untuk melakukan Upgrade pada laptop sertidak ada tiga komponen utama yang paling sering dan paling memungkinkan untuk dittingkatkan spesifikasi ke yang lebih baik

Berikut komponen pada laptop yang bisa diupgrade :

Komponen Laptop yang Bisa di Upgrade

Nama Komponen
Bisa di Upgrade
Keterangan
Processor
Ya
Terbatas
Memory
Ya
Harddisk
Ya
Pakai SSD
Baterai
Ya

Komponen apa yang perlu di upgrade

Ketika performance laptop terasa sudah kurang maksimal maka muncul lah ide untuk meng upgrade nya, tapi yang sering jadi pertanyaan kebanyakan orang adalah komponen mana yang paling perlu untuk diupgrade agar biaya yang dikeluarkan lebih efektif

Upgrade semmua komponen yg bisa diupgrade sudah pasti membuat laptop lebih kencang, tetapi budget yang dibutuhkan cukup besar alih alih upgrade malah kamu akan merasa lebih baik langsung ganti laptop saja

Cara paling mudah menetukan komponen mana yang perlu di upgrade adalah melihat tabel hardware performance ketika laptop digunakan

Perhatikan grafik nya, upgrade komponen yang grafik nya tinggi mendekati full

hardware resource
Hardware resource

Cara akses : Ctrl + Alt + Delete → Task Manager → Performance

Cara Upgrade Laptop Step by Step

Cara mudah Upgrade RAM Laptop bisa dilakukan siapa saja

Cara Upgrade Memory ( Memory ) Laptop

BACA JUGA :  Ganti Sparepart Laptop

1. Cek Kompatibilitas RAM

Pastikan RAM baru yang akan Anda beli kompatibel dengan laptop Anda. Periksa jenis dan kapasitas RAM yang didukung oleh laptop Anda, hal yang umum adalah adanya DDR3 , DDR4, DDR5 serta kapasitas yang seusuai.

2. Persiapkan Alat yang Dibutuhkan

Anda akan memerlukan obeng (biasanya Phillips atau Torx) dan mungkin kunci untuk membuka casing laptop.

3. Matikan Laptop dan Cabut Sumber Listrik

Pastikan laptop dimatikan sepenuhnya dan cabut daya serta baterainya untuk menghindari risiko kerusakan saat melakukan upgrade.

4. Cari Posisi Slot RAM

Buka casing laptop dan temukan slot RAM. Biasanya terletak di bagian bawah laptop, tetapi bisa berbeda tergantung pada model laptop.

5. Lepaskan RAM yang Lama

Tekan klip yang ada di samping slot RAM untuk melepaskan RAM yang lama. Pastikan untuk menarik RAM dengan lembut dari slotnya.

6. Pasang RAM Baru

Tempatkan RAM baru dengan benar ke dalam slot. Pastikan kunci pada RAM cocok dengan slotnya, dan tekan dengan cukup keras hingga terdengar bunyi “klik”.

7. Tutup Kembali Casing

Setelah RAM terpasang dengan benar, tutup kembali casing laptop dengan rapat dan pastikan tidak ada bagian yang longgar.

8. Nyalakan Laptop

Colokkan kembali daya dan nyalakan laptop Anda. Periksa apakah laptop mendeteksi RAM baru dengan melihat di pengaturan sistem atau melalui utilitas di sistem

9. Testing

Jalankan beberapa aplikasi atau program untuk memastikan bahwa RAM baru berfungsi dengan baik dan meningkatkan kinerja laptop Anda.

BACA JUGA :  Ganti Sparepart Laptop

Cara mudah Upgrade Harddisk Laptop bisa dilakukan siapa saja

Langkah-langkah untuk meng-upgrade SSD pada laptop yang dapat dilakukan oleh siapa saja :

  1. Pahami Kompatibilitas SSD: Pastikan SSD baru yang akan Anda beli kompatibel dengan laptop Anda. Periksa jenis koneksi (misalnya SATA atau NVMe) dan ukuran fisiknya agar sesuai dengan laptop Anda.
  2. Persiapkan Alat yang Dibutuhkan: Anda akan memerlukan obeng (biasanya Phillips atau Torx) dan mungkin kunci untuk membuka casing laptop.
  3. Backup Data Penting: Sebelum melakukan upgrade, pastikan untuk membuat salinan cadangan (backup) data penting yang ada di SSD lama Anda, entah itu ke penyimpanan eksternal atau cloud.
  4. Matikan Laptop dan Cabut Daya: Pastikan laptop dimatikan sepenuhnya dan cabut daya serta baterainya untuk menghindari risiko kerusakan saat melakukan upgrade.
  5. Temukan Lokasi SSD: Buka casing laptop dan temukan lokasi SSD. Biasanya terletak di bagian bawah laptop atau di dalam casing, tergantung pada model laptop Anda.
  6. Lepaskan SSD yang Lama: Tekan klip atau baut yang memegang SSD lama dan lepaskan SSD dari slotnya dengan hati-hati.
  7. Pasang SSD Baru: Tempatkan SSD baru dengan benar ke dalam slot yang kosong atau ganti SSD lama dengan yang baru. Pastikan koneksi SSD terpasang dengan baik.
  8. Kencangkan Baut atau Klip: Jika diperlukan, pastikan untuk mengencangkan baut atau klip yang memegang SSD baru agar terpasang dengan aman.
  9. Tutup Kembali Casing: Setelah SSD terpasang dengan benar, tutup kembali casing laptop dengan rapat dan pastikan tidak ada bagian yang longgar.
  10. Nyalakan Laptop: Colokkan kembali daya dan nyalakan laptop Anda. Lakukan instalasi sistem operasi atau pemulihan dari salinan cadangan data Anda ke SSD baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan hati-hati, Anda dapat meng-upgrade SSD laptop Anda sendiri dengan mudah.

Pastikan untuk membaca panduan dengan lengkap untuk memastikan proses upgrade berjalan lancar. Jika merasa tidak yakin, lebih baik minta bantuan dari profesional atau Teknisi Profesional.

Back to top button
WA Admin ;