Panduan Lengkap Melihat Windows di Laptop ASUS untuk Pemula


Panduan Lengkap Melihat Windows di Laptop ASUS untuk Pemula

Cara melihat Windows di laptop ASUS adalah dengan menekan tombol kombinasi “Windows + R” pada keyboard. Setelah itu, ketik “msconfig” pada kolom pencarian dan tekan “Enter”. Pada jendela “System Configuration”, pilih tab “Boot” dan centang opsi “Safe Boot”. Setelah itu, klik “Apply” dan “OK”. Laptop akan restart dan masuk ke mode Safe Mode. Pada mode ini, Windows akan berjalan dengan driver dan program dasar saja, sehingga lebih mudah untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah.

Mode Safe Mode sangat berguna untuk mengatasi masalah seperti komputer yang tidak bisa booting, masalah driver, atau infeksi virus. Dengan masuk ke mode Safe Mode, pengguna dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tanpa harus menginstal ulang Windows.

Selain menggunakan tombol kombinasi “Windows + R”, pengguna juga dapat masuk ke Safe Mode melalui menu “Advanced Startup Options”. Untuk mengakses menu ini, pengguna dapat menekan tombol “Shift” sambil mengklik tombol “Restart” pada layar login. Pada menu “Advanced Startup Options”, pengguna dapat memilih opsi “Safe Mode” untuk masuk ke mode tersebut.

Cara Melihat Windows di Laptop ASUS

Cara melihat Windows di laptop ASUS sangatlah penting, terutama ketika kamu mengalami masalah pada sistem operasi Windows kamu. Dengan mengetahui cara ini, kamu dapat mengakses Windows dalam mode aman (Safe Mode) yang dapat membantu kamu mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada laptop kamu.

  • Tombol kombinasi
  • Menu Advanced Startup Options
  • System Configuration
  • Safe Mode
  • Driver dasar
  • Program dasar
  • Masalah komputer
  • Infeksi virus

Dengan memahami berbagai aspek ini, kamu dapat dengan mudah melihat Windows di laptop ASUS kamu dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada sistem operasi Windows kamu. Mode Safe Mode sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah komputer, seperti komputer yang tidak bisa booting, masalah driver, atau infeksi virus. Dengan masuk ke mode Safe Mode, kamu dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tanpa harus menginstal ulang Windows.

Tombol kombinasi

Tombol kombinasi adalah kombinasi tombol-tombol pada keyboard yang digunakan untuk melakukan suatu perintah atau tindakan tertentu. Dalam konteks cara melihat Windows di laptop ASUS, tombol kombinasi yang digunakan adalah “Windows + R”. Tombol “Windows” biasanya memiliki logo Windows pada tombolnya, sedangkan tombol “R” adalah tombol yang terletak di sebelah kiri tombol “T”.

  • Membuka jendela Run

    Tombol kombinasi “Windows + R” berfungsi untuk membuka jendela Run. Jendela Run adalah sebuah kotak dialog yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan program atau membuka file dengan mengetikkan nama program atau file tersebut.

  • Mengakses System Configuration

    Setelah jendela Run terbuka, pengguna dapat mengetikkan “msconfig” pada kolom pencarian dan menekan “Enter”. Hal ini akan membuka jendela System Configuration.

  • Memilih Safe Boot

    Pada jendela System Configuration, pengguna dapat memilih tab “Boot” dan mencentang opsi “Safe Boot”. Safe Boot adalah mode khusus Windows yang hanya memuat driver dan program dasar, sehingga dapat membantu pengguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada laptop mereka.

  • Restart laptop

    Setelah memilih Safe Boot, pengguna harus mengklik tombol “Apply” dan “OK”. Laptop kemudian akan restart dan masuk ke mode Safe Mode.

Dengan memahami cara menggunakan tombol kombinasi “Windows + R” untuk mengakses System Configuration dan memilih Safe Boot, pengguna dapat dengan mudah melihat Windows di laptop ASUS mereka dalam mode Safe Mode.

Menu Advanced Startup Options

Menu Advanced Startup Options adalah menu yang menyediakan berbagai opsi pemecahan masalah dan pengaturan lanjutan untuk Windows. Menu ini dapat diakses dari layar login Windows, dengan menekan tombol “Shift” sambil mengklik tombol “Restart”.

  • Mengakses Safe Mode

    Salah satu opsi dalam menu Advanced Startup Options adalah Safe Mode. Safe Mode adalah mode khusus Windows yang hanya memuat driver dan program dasar, sehingga dapat membantu pengguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada laptop mereka. Untuk mengakses Safe Mode, pengguna dapat memilih opsi “Startup Settings” dari menu Advanced Startup Options, lalu memilih opsi “Safe Mode”.

  • Mengatur ulang Windows

    Opsi lainnya dalam menu Advanced Startup Options adalah “Reset this PC”. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang Windows, baik dengan mempertahankan file pribadi mereka maupun dengan menghapus semua file dan aplikasi. Opsi ini dapat berguna jika pengguna mengalami masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan cara lain.

  • Memperbaiki masalah startup

    Menu Advanced Startup Options juga menyediakan opsi untuk memperbaiki masalah startup. Jika pengguna mengalami masalah saat memulai Windows, mereka dapat memilih opsi “Startup Repair” dari menu Advanced Startup Options. Opsi ini akan mencoba memperbaiki masalah yang mencegah Windows untuk memulai dengan benar.

  • Mengembalikan sistem ke titik waktu sebelumnya

    Jika pengguna telah membuat titik pemulihan sistem, mereka dapat menggunakan opsi “System Restore” dari menu Advanced Startup Options untuk mengembalikan sistem ke titik waktu sebelumnya. Opsi ini dapat berguna jika pengguna telah menginstal software atau driver yang menyebabkan masalah pada sistem mereka.

BACA JUGA :  Temukan Rahasia Terungkap: Harga Keyboard Laptop Toshiba

Dengan memahami berbagai opsi yang tersedia dalam menu Advanced Startup Options, pengguna dapat mengakses Safe Mode, mengatur ulang Windows, memperbaiki masalah startup, dan mengembalikan sistem ke titik waktu sebelumnya. Hal ini dapat membantu pengguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki berbagai masalah pada laptop ASUS mereka.

System Configuration

System Configuration adalah alat bantu yang memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi berbagai pengaturan sistem, termasuk pengaturan boot, layanan, dan driver. Alat ini dapat diakses dengan mengetik “msconfig” pada kolom pencarian di menu Start Windows.

  • Pengaturan Boot

    Pengaturan Boot memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi opsi boot Windows, seperti mengaktifkan Safe Mode atau memilih sistem operasi default jika terdapat beberapa sistem operasi yang terinstal pada komputer. Dalam konteks “cara melihat Windows di laptop ASUS”, pengaturan Boot sangat penting karena memungkinkan pengguna untuk memilih Safe Mode, yang merupakan mode khusus Windows yang hanya memuat driver dan program dasar, sehingga dapat membantu pengguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada laptop mereka.

  • Layanan

    Layanan adalah program yang berjalan di latar belakang Windows dan melakukan berbagai tugas, seperti mengelola perangkat keras, memperbarui perangkat lunak, dan melindungi komputer dari virus. Pengaturan Layanan memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan atau mengaktifkan layanan tertentu, yang dapat berguna untuk memecahkan masalah atau meningkatkan kinerja komputer. Dalam konteks “cara melihat Windows di laptop ASUS”, pengaturan Layanan dapat berguna untuk menonaktifkan layanan yang tidak perlu saat berada di Safe Mode, sehingga dapat mempercepat proses pemecahan masalah.

  • Startup

    Startup adalah daftar program dan layanan yang secara otomatis dimulai saat Windows dijalankan. Pengaturan Startup memungkinkan pengguna untuk mengelola program dan layanan tersebut, sehingga mereka dapat mengontrol program dan layanan apa saja yang berjalan saat Windows dimulai. Dalam konteks “cara melihat Windows di laptop ASUS”, pengaturan Startup dapat berguna untuk menonaktifkan program atau layanan yang bermasalah, yang dapat menyebabkan masalah saat Windows dijalankan.

  • Alat

    System Configuration juga menyediakan beberapa alat tambahan, seperti Editor Registri dan Monitor Sistem. Alat-alat ini dapat berguna untuk pengguna tingkat lanjut yang ingin mengonfigurasi pengaturan sistem yang lebih kompleks atau memantau kinerja komputer mereka. Dalam konteks “cara melihat Windows di laptop ASUS”, alat-alat ini mungkin tidak diperlukan untuk pengguna umum, tetapi dapat berguna untuk pengguna yang ingin melakukan pemecahan masalah tingkat lanjut.

Dengan memahami berbagai pengaturan dan alat yang tersedia di System Configuration, pengguna dapat mengonfigurasi sistem mereka sesuai kebutuhan mereka dan memecahkan masalah yang mungkin terjadi. Dalam konteks “cara melihat Windows di laptop ASUS”, System Configuration sangat penting karena memungkinkan pengguna untuk mengakses Safe Mode, menonaktifkan layanan yang tidak perlu, dan mengelola program startup, yang semuanya dapat membantu pengguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada laptop mereka.

Safe Mode

Safe Mode adalah mode khusus Windows yang hanya memuat driver dan program dasar, sehingga dapat membantu pengguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada laptop mereka. Safe Mode sangat penting dalam konteks “cara melihat Windows di laptop ASUS” karena memungkinkan pengguna untuk mengakses Windows bahkan ketika sistem operasi mengalami masalah.

Ada beberapa cara untuk mengakses Safe Mode, salah satunya adalah melalui System Configuration. Pada System Configuration, pengguna dapat memilih tab “Boot” dan mencentang opsi “Safe Boot”. Setelah itu, pengguna harus mengklik tombol “Apply” dan “OK”. Laptop kemudian akan restart dan masuk ke mode Safe Mode.

Safe Mode dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada laptop ASUS, seperti masalah startup, masalah driver, atau infeksi virus. Dengan masuk ke Safe Mode, pengguna dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tanpa harus menginstal ulang Windows.

Memahami cara mengakses dan menggunakan Safe Mode sangat penting bagi pengguna laptop ASUS karena dapat membantu mereka mengatasi masalah pada laptop mereka secara mandiri tanpa harus membawa laptop ke tempat servis. Safe Mode juga dapat digunakan sebagai langkah awal untuk mendiagnosis masalah pada sistem operasi Windows.

Driver dasar

Driver dasar adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi Windows untuk berkomunikasi dengan perangkat keras pada laptop ASUS. Driver ini sangat penting untuk berfungsinya laptop dengan baik, karena memungkinkan perangkat keras untuk bekerja sama dengan sistem operasi. Tanpa driver dasar, laptop ASUS tidak akan dapat menampilkan gambar di layar, mengeluarkan suara, atau terhubung ke jaringan.

Dalam konteks “cara melihat Windows di laptop ASUS”, driver dasar sangat penting karena memungkinkan pengguna untuk mengakses Windows bahkan ketika sistem operasi mengalami masalah. Saat laptop ASUS dalam Safe Mode, hanya driver dasar yang dimuat, sehingga memungkinkan pengguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada sistem operasi tanpa harus menginstal ulang Windows.

Memahami pentingnya driver dasar sangat penting bagi pengguna laptop ASUS karena dapat membantu mereka mengatasi masalah pada laptop mereka secara mandiri tanpa harus membawa laptop ke tempat servis. Dengan memastikan bahwa driver dasar terinstal dan diperbarui dengan benar, pengguna dapat meningkatkan kinerja laptop mereka dan meminimalkan risiko masalah.

BACA JUGA :  Dolby Atmos Windows 11: Rasakan Suara Tak Terlupakan yang Mengubah Hiburan Anda

Program dasar

Program dasar adalah program perangkat lunak yang sangat penting untuk berfungsinya sistem operasi Windows. Program-program ini meliputi program yang mengelola antarmuka pengguna, menjalankan aplikasi, dan mengelola perangkat keras. Tanpa program dasar, sistem operasi Windows tidak akan dapat berfungsi dengan baik dan pengguna tidak akan dapat melihat Windows di laptop ASUS mereka.

Dalam konteks “cara melihat Windows di laptop ASUS”, program dasar sangat penting karena memungkinkan pengguna untuk mengakses Windows bahkan ketika sistem operasi mengalami masalah. Saat laptop ASUS dalam Safe Mode, hanya program dasar yang dimuat, sehingga memungkinkan pengguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada sistem operasi tanpa harus menginstal ulang Windows.

Memahami pentingnya program dasar sangat penting bagi pengguna laptop ASUS karena dapat membantu mereka mengatasi masalah pada laptop mereka secara mandiri tanpa harus membawa laptop ke tempat servis. Dengan memastikan bahwa program dasar terinstal dan diperbarui dengan benar, pengguna dapat meningkatkan kinerja laptop mereka dan meminimalkan risiko masalah.

Masalah komputer

Masalah komputer sangat erat kaitannya dengan “cara melihat Windows di laptop ASUS” karena dapat menjadi penyebab atau gejala dari masalah pada sistem operasi Windows. Dengan memahami jenis-jenis masalah komputer dan cara mengatasinya, pengguna dapat dengan mudah melihat Windows di laptop ASUS mereka dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.

  • Masalah startup

    Masalah startup adalah masalah yang terjadi saat laptop ASUS tidak dapat memulai Windows dengan benar. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kerusakan file sistem, masalah driver, atau infeksi virus. Untuk mengatasinya, pengguna dapat mencoba masuk ke Safe Mode atau menggunakan alat perbaikan startup.

  • Masalah driver

    Masalah driver adalah masalah yang terjadi ketika driver perangkat keras tidak berfungsi dengan baik. Masalah ini dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti layar yang tidak menampilkan gambar, suara yang tidak keluar, atau koneksi jaringan yang terputus. Untuk mengatasinya, pengguna dapat mencoba memperbarui driver atau menginstal ulang driver.

  • Masalah software

    Masalah software adalah masalah yang terjadi pada program atau aplikasi yang diinstal pada laptop ASUS. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti bug pada software atau konflik dengan software lain. Untuk mengatasinya, pengguna dapat mencoba memperbarui software atau menginstal ulang software.

  • Infeksi virus

    Infeksi virus adalah masalah yang terjadi ketika laptop ASUS terinfeksi virus atau malware. Virus dapat merusak file sistem, menyebabkan masalah startup, atau mencuri data pengguna. Untuk mengatasinya, pengguna dapat menggunakan program antivirus untuk memindai dan menghapus virus.

Dengan memahami jenis-jenis masalah komputer dan cara mengatasinya, pengguna dapat dengan mudah melihat Windows di laptop ASUS mereka dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi. Memahami masalah komputer juga dapat membantu pengguna untuk mencegah masalah di kemudian hari dengan melakukan perawatan rutin pada laptop mereka.

Infeksi Virus

Infeksi virus merupakan salah satu masalah komputer yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem operasi Windows, sehingga berdampak pada kemampuan pengguna untuk melihat Windows di laptop ASUS. Virus dapat merusak file sistem, menyebabkan masalah startup, atau mencuri data pengguna.

  • Jenis Virus

    Ada berbagai jenis virus yang dapat menginfeksi laptop ASUS, seperti virus Trojan, virus worm, dan virus ransomware. Setiap jenis virus memiliki cara kerja dan dampak yang berbeda pada sistem. Memahami jenis-jenis virus dapat membantu pengguna mengambil langkah pencegahan yang tepat.

  • Sumber Infeksi

    Virus dapat masuk ke laptop ASUS melalui berbagai sumber, seperti unduhan file dari internet, email yang terinfeksi, atau perangkat penyimpanan yang terinfeksi. Pengguna harus berhati-hati saat mengunduh file dari sumber yang tidak dikenal dan menggunakan perangkat lunak antivirus untuk memindai email dan perangkat penyimpanan.

  • Gejala Infeksi

    Gejala infeksi virus pada laptop ASUS dapat bervariasi tergantung pada jenis virusnya. Beberapa gejala umum antara lain masalah startup, kinerja komputer yang lambat, munculnya iklan pop-up, dan hilangnya file atau data.

  • Cara Mengatasi Infeksi Virus

    Untuk mengatasi infeksi virus pada laptop ASUS, pengguna dapat menggunakan program antivirus. Program antivirus akan memindai laptop dan menghapus virus yang ditemukan. Pengguna juga dapat mencoba memulihkan sistem ke titik waktu sebelumnya sebelum infeksi terjadi.

Dengan memahami hubungan antara infeksi virus dan “cara melihat Windows di laptop ASUS”, pengguna dapat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk melindungi laptop mereka dari infeksi virus. Pengguna juga dapat mengetahui gejala infeksi virus dan cara mengatasinya agar dapat melihat Windows di laptop ASUS dengan aman.

Pertanyaan Umum tentang “Cara Melihat Windows di Laptop ASUS”

Bagian ini akan membahas beberapa pertanyaan umum yang mungkin timbul terkait dengan “Cara Melihat Windows di Laptop ASUS”. Pertanyaan-pertanyaan ini akan dijawab secara singkat dan jelas untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pengguna.

BACA JUGA :  Rahasia Shutdown Laptop Asus: Panduan Cepat dan Mudah dengan Keyboard

Pertanyaan 1: Apa itu Safe Mode dan bagaimana cara mengaksesnya?

Jawaban: Safe Mode adalah mode khusus Windows yang hanya memuat driver dan program dasar, sehingga dapat membantu pengguna mengatasi masalah pada laptop mereka. Untuk mengakses Safe Mode, pengguna dapat menekan tombol “Windows + R” dan mengetik “msconfig”. Pada jendela System Configuration, pilih tab “Boot” dan centang opsi “Safe Boot”. Setelah itu, klik “Apply” dan “OK”. Laptop akan restart dan masuk ke Safe Mode.

Pertanyaan 2: Apa saja manfaat menggunakan Safe Mode?

Jawaban: Safe Mode bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada laptop ASUS, seperti masalah startup, masalah driver, atau infeksi virus. Dengan masuk ke Safe Mode, pengguna dapat mendiagnosis dan memperbaiki masalah tanpa harus menginstal ulang Windows.

Pertanyaan 3: Apakah ada cara lain untuk mengakses Safe Mode selain menggunakan System Configuration?

Jawaban: Ya, pengguna juga dapat mengakses Safe Mode melalui menu Advanced Startup Options. Untuk mengakses menu ini, pengguna dapat menekan tombol “Shift” sambil mengklik tombol “Restart” pada layar login Windows.

Pertanyaan 4: Apa yang harus dilakukan jika saya tidak dapat mengakses Safe Mode?

Jawaban: Jika pengguna tidak dapat mengakses Safe Mode, mereka dapat mencoba opsi pemecahan masalah lainnya, seperti menggunakan alat perbaikan startup atau mengatur ulang Windows. Disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi komputer jika masalah berlanjut.

Pertanyaan 5: Apakah Safe Mode dapat merusak laptop saya?

Jawaban: Tidak, Safe Mode tidak akan merusak laptop. Safe Mode adalah mode khusus yang dirancang untuk membantu pengguna memperbaiki masalah pada laptop mereka.

Pertanyaan 6: Apa yang harus dilakukan setelah saya selesai menggunakan Safe Mode?

Jawaban: Setelah selesai menggunakan Safe Mode, pengguna dapat keluar dari Safe Mode dengan cara restart laptop. Setelah laptop restart, laptop akan kembali ke mode normal.

Dengan memahami jawaban dari pertanyaan umum ini, pengguna dapat menggunakan Safe Mode secara efektif untuk mengatasi masalah pada laptop ASUS mereka dan melihat Windows dengan aman.

Sebagai kesimpulan, memahami “Cara Melihat Windows di Laptop ASUS” sangat penting untuk mengatasi masalah pada laptop. Dengan menggunakan Safe Mode dan mengikuti langkah-langkah yang tepat, pengguna dapat mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada laptop mereka sendiri tanpa harus membawa laptop ke tempat servis.

Pengguna juga dapat mencari informasi tambahan tentang “Cara Melihat Windows di Laptop ASUS” dari sumber terpercaya, seperti situs web resmi ASUS atau forum dukungan teknis.

Tips untuk “Cara Melihat Windows di Laptop ASUS”

Memahami “Cara Melihat Windows di Laptop ASUS” sangat penting untuk menjaga kesehatan laptop dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam hal ini:

Tip 1: Rajin Melakukan Perawatan Rutin

Melakukan perawatan rutin pada laptop ASUS dapat membantu mencegah masalah dan memastikan bahwa Anda selalu dapat melihat Windows dengan baik. Perawatan rutin meliputi membersihkan laptop dari debu, memperbarui sistem operasi dan driver, serta memindai virus dan malware secara teratur.

Tip 2: Gunakan Safe Mode dengan Bijak

Safe Mode adalah fitur penting yang dapat membantu Anda mengatasi masalah pada laptop ASUS. Gunakan Safe Mode hanya ketika diperlukan, dan keluarlah dari Safe Mode setelah masalah teratasi. Tetap berada di Safe Mode terlalu lama dapat menyebabkan masalah lain pada laptop Anda.

Tip 3: Cadangkan Data Secara Teratur

Mencadangkan data secara teratur sangat penting untuk melindungi data Anda dari kehilangan yang tidak disengaja. Cadangkan data Anda ke penyimpanan eksternal, seperti hard drive eksternal atau layanan penyimpanan cloud, untuk memastikan bahwa Anda dapat memulihkan data jika terjadi masalah pada laptop Anda.

Tip 4: Berhati-hati Saat Menginstal Software

Selalu berhati-hati saat menginstal software pada laptop ASUS Anda. Hanya instal software dari sumber yang tepercaya, dan baca ulasan pengguna sebelum menginstal software baru. Menginstal software yang tidak dikenal atau berbahaya dapat menyebabkan masalah pada laptop Anda.

Tip 5: Jaga Laptop Anda dari Virus dan Malware

Virus dan malware dapat menyebabkan berbagai masalah pada laptop ASUS Anda, termasuk masalah pada sistem operasi Windows. Gunakan program antivirus yang terkemuka untuk memindai dan menghapus virus dan malware secara teratur. Tetap perbarui program antivirus Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki perlindungan terbaru terhadap ancaman baru.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan kesehatan laptop ASUS Anda dan memastikan bahwa Anda selalu dapat melihat Windows dengan baik. Ingatlah untuk melakukan perawatan rutin, menggunakan Safe Mode dengan bijak, mencadangkan data, berhati-hati saat menginstal software, dan menjaga laptop Anda dari virus dan malware.

Kesimpulan

Memahami “cara melihat Windows di laptop ASUS” sangat penting untuk menjaga kesehatan laptop dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Artikel ini telah membahas berbagai aspek yang terkait dengan topik ini, termasuk cara mengakses Safe Mode, manfaat Safe Mode, dan cara mengatasi masalah komputer yang umum terjadi.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan, pengguna dapat dengan mudah melihat Windows di laptop ASUS mereka dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Memahami topik ini dapat membantu pengguna menjaga laptop mereka tetap berjalan dengan baik dan terhindar dari masalah yang mengganggu.

Youtube Video:

sddefault



Related Articles

Back to top button
WA Admin ;